Pengertian VPN lengkap dengan Fungsi dan Cara kerja VPN

Atemka Net, Pengertian VPN, Fungsi VPN, Cara Kerja VPN, Kelebihan dan Kekurangan VPN semuanya akan kita bahas yaa. Guysss tanpa basa basi karena hari ini saya lagi ga mod ntah kenapa mungkin karena tidak sahur hehe..  Jadi yang pertama kita akan bahas adalah Pengertian VPN, apa sih VPN ? VPN Adalah singkatan dari Virtual Private Network, dari namanya aja seharusnya kalian sudah tau, bahwa VPN adalah  suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi  (Private) melalui jaringan internet.

Hasil gambar untuk VPN

Nahhh sekarang kalian sudah faham kan apa itu VPN ? sekali lagi saya jelaskan yaa P VPN adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara Pribadi  (Private) melalui jaringan Internet. mengapa  VPN itu Virtual Private Network?

Berikut penjelasan mengenai arti dari Virtual Private Network (VPN) ini  :
  • Virtual - Hal yang tidak nyata di internet (Manipulasi)
  • Private - Pribadi, data pribadi tidak bisa di akses oleh publik, oleh karena itu VPN ini sangat menjaga kerahasiaan identitas pemakai VPN dengan cara semua data di Enkripsi.
  • Network - Jaringan koneksi yang saling terhubung

Pasti masih ada yang bingung dengan kalimat pribadi  (Private) ya ? saya jelaskan yaa.. Kenapa VPN itu terkoneksi dengan jaringan lainnya secara Private? karena memang fungsinya untuk menyembunyikan Identitas / alamat jaringan asli kita atau untuk manipulasi jaringan internet asli kita. hmm biasanya sih suka dipakai untuk Menyamarkan IP ketika kita bermain curang di Admob 
Baca Juga : Cara Mendapatkan uang dari Admob
untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan dibawah yaa kawan mengenai fungsi VPN sendiri, yang terpenting kalian sudah faham dan tau kan apa itu VPN.  kalo masih belum faham juga bisa koment dibawah ya.

Fungsi VPN
Jika kalian sudah faham akan pengertian dari VPN sendiri, apalagi sudah di lengkapi dengan pengertian Virtual Private Network yang detail.  maka sekarang waktunya saya untuk menjealskan fungsi dari VPN itu sendiri. Kira-kira apa ya ? Hmm..
Langsung aja kawan berikut adalah fungsi dari VPN :
  • Kerahasiaan Data (Confidentially) Penggunaan VPN dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi milik pengguna agar tidak dapat di akses/digunakan orang lain sembarangan. Saat ini menggunakan jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis-bisnis besar misalnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan menggunakan VPN maka bisa mengamankan keluar masuknya data melalui metode enkripsi.
  • Keutuhan Data (Data Integrity) - VPN juga berguna untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Software VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.
  • Otentikasi Sumber (Origin Authentication) - Program pada VPN mampu mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.
  • Menyamarkan IP Address Pengguna - VPN juga dapat menyamarkan atau memanipulasi IP Address asli pengguna dengan IP Address negara lain, hal ini bisanya digunakan agar IP Pengguna tidak terlacak oleh siapapun. 
Mungkin untuk fungsi VPN cuma beberapa saja yang saya cantumkan, tapi itu adalah inti dari Fungsi VPN jika kita menggunakan VPN.

Cara Kerja Software VPN
Cara kerja VPN sendiri yaitu dengan membuat jaringan di dalam jaringan (sering disebut dengan tunneling). Tunneling bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan infrakstruktu jaringan lain.
cara kerja vpn

Umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua Traffic data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Melihat cara kerja VPN ini, bisa kita simpulkan :
  • ISP tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di internet
  • Alamat IP yang terlihat adalah IP server VPN
  • Penggunaan hotspot WiFi publik menjadi lebih aman karena data terenkripsi
  • Provider VPN bisa melihat aktivitas pengguna VPN di internet

Kelebihan dan Kekurangan VPN
Walaupun VPN menjadi software andalan untuk menjaga data kita dalam koneksi jaringan internet, tetapi yang namanya suatu software / barang  /  apapun itu didunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya, mari kita ulas disini.

Kelebihan VPN
  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN adalah solusi dengan biaya yang lebih murah
  • Dengan adanya VPN maka mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah
  • Fitur kemanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan
Kekurangan VPN
  • Ketika menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses.
  • Diperlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN
Sudah ya ? semuanya sudah kita ulas secara singkat dan jelas mengenai Pengertian VPN, Fungsi, Cara kerja serta kelebihan dan kekurangan software VPN (Virtual Private Network). Jangan lupa kawan bantu saya untuk share  ya ke teman-teman kalian blog baru saya ini. 

Semoga Artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kalian semua.
Terima kasih

Berlangganan untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog ini :

1 Response to "Pengertian VPN lengkap dengan Fungsi dan Cara kerja VPN"

  1. menang berapapun di bayar
    ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete